Saturday , August 15 2020
Home » Riau » Kuantan Singingi » SMPN 6 Telukkuantan Raih Adiwiyata Nasional 2017

SMPN 6 Telukkuantan Raih Adiwiyata Nasional 2017

BeritaBertuah.com – SMPN 6 Telukkuantan mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan itu diterima langsung oleh Indrawati, Kepala SMPN 6 Telukkuantan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kuansing, Jafrinaldi, Kamis (21/12/2017) di Jakarta.

Alhamdulillah, setelah bertahun-tahun berjuang, akhirnya tercapai juga,” ujar Indrawati kepada GoRiau.com usai menerima penghargaan.

Indrawati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama dukungan dari Pemkab Kuansing melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Kuansing. Begitu juga dengan guru dan siswa yang telah bekerja keras menerapkan hidup bersih dan peduli lingkungan.

Resepnya adalah menanamkan pemikiran kepada seluruh warga sekolah, mulai dari guru, siswa dan orangtua bahwa menjaga lingkungan itu sangat penting. Tujuannya, agar bumi kita terlindungi dari pemanasan global yang saat ini semakin meningkat,” ujar Indrawati.

Untuk menanamkan hal itu, siswa menjadikan sekolah sebagai wadah untuk selalu peduli terhadap lingkungan. Pihak sekolah pun selalu melatih siswa untuk peduli lingkungan dengan cara hemat ait, hemat listrik, memilih sampah dan mengolahnya menjadi bahan berguna dan tentunya mencintai penghijauan ditunjukkan dengan gemar menanam pohon.

Jadi, sekolah selalu membuat lomba kebersihan kelas dan lomba taman terbaik. Kelas-kelas yang juara dapat piagam dan kehormatan untuk mengisi ruang kelas di gedung baru,” papar Indrawati memaparkan salah satu trik menanamkan pola hidup sehat dan peduli lingkungan pada diri siswa.

Menurut Indrawati, lomba antar kelas sudah dilaksanakan sejak tiga tahun terakhir. Ruang kelas baru menjadi andalan Indrawati agar anak didiknya berkompetisi menjadi terbaik di bidang kebersihan lingkungan. Sebab, ruang kelas baru selalu diminati oleh siswa.

Dari situ kita terinspirasi untuk membuat lomba dan siswa bersama wali kelasnya sangat antusias,” ujar Indrawati. Awal-awal program ini dijalankan, tidaklah berjalan mulus. Apalagi, pihak sekolah dihadapkan dengan persoalan dana. Kendati demikian, SMPN 6 Telukkuantan bisa mengatasinya dengan memasukkan kegiatan adiwiyata ke dalam RKA sekolah.

Sebenarnya kegiatan adiwiyata itu seiring sejalan dengan program peningkatan mutu sekolah,” ujar Indrawati.

Selain itu, kesadaran siswa untuk memilah sampah juga sangat rendah. Namun, secara perlahan-lahan siswa SMPN 6 Telukkuantan terbiasa dengan pola hidup bersih dan peduli lingkungan. “Tentunya butuh perhatian yang lebih dalam untuk terus mengingatkan anak-a anak,” ujar Indrawati.

Hal lain yang tak kalah penting menurut Indrawati adalah mendokumentasikan setiap kegiatan yang mengarah pada kepedulian lingkungan. Karena itu, SMPN 6 Telukkuantan punya ‘team work’ adiwiyata yang handal. GoRiau.com

About Berita Bertuah

Disainer Web, blogger dan pecinta film animasi. Suka menulis dan berbagi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *