Saturday , August 15 2020
Home » Bisnis » Isu Kenaikan Harga Rokok Cukup Pengaruhi Masyarakat

Isu Kenaikan Harga Rokok Cukup Pengaruhi Masyarakat

BeritaBertuah.com– Pemerintah diminta mempertimbangkan dengan matang rencana kenaikan cukai rokok. Meski kemudian dibantah oleh Pemerintah. Namun, isu tersebut relatif cukup memengaruhi masyarakat.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa (23//08/2016), Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan, memandang perlu penelaahan secara mendalam dan proporsional sebelum pemerintah memutuskan kenaikan cukai rokok.

Heri menyoroti adanya anggapan di tengah masyarakat bahwa kenaikan cukai rokok akan mendorong harga jual rokok yang bisa mencapai Rp50 ribu.

Bila rencana kenaikan cukai rokok tidak dipertimbangkan dengan baik, menurut dia, dapat mendorong timbulnya permasalahan baru.

“Pengangguran dan kelompok miskin baru akan muncul. Pada tahun 2014, misalnya, industri rokok melibatkan 5,98 juta pekerja yang terdiri atas 4,28 juta pekerja di sektor manufaktur plus 1,7 juta pekerja di sektor perkebunan. Jumlah pabrik rokok yang semula 4.669 telah berkurang menjadi 700 pada tahun 2015 akibat kebijakan beberapa tahun belakangan ini,” katanya.

Terganggunya struktur industri rokok, kata Heri lagi, akan berdampak pada penerimaan cukai dalam APBN.

Pada tahun 2015, misalnya, tercatat penerimaan cukai sebesar Rp144,6 triliun (96,4 persen adalah sumbangan dari cukai rokok).

Ia mengharapkan pemerintah mempertimbangkan semua sisi sebelum menentukan kebijakan tersebut.

 

  • Sumber: Antara
  • Editor: Ahkam

About Berita Bertuah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *